Fish Quote Today

Tahukan kamu ikan badut (Anemonefish) tidak hidup di perairan Karibia (Caribbean)
‪3,335 views‬

Keseimbangan

Sore yang teduh langit cerah berawan di Nusa Penida, terlihat beberapa peselancar asing dan lokal tengah menikmati ombak di pantai Lembongan dengan papan selancar. Kaki-kaki memainkan badan mereka agar tetap seimbang diatas air. Perahu kami berlabuh tidak jauh dari batas mereka bermain selancar – perairan ini merupakan bagian dari Kawasan Konservasi Perairan Nusa Penida dimana pengaturan akan dilakukan berdasarkan zonasi, sehingga kegiatan satu dengan yang lain tidak saling mengganggu – yang dipisahkan oleh pelampung yang membentuk sebuah garis batas.

Tujuan kami sore ini adalah melakukan penyelaman cepat untuk mengunduh data temperatur/ suhu dari sebuah alat pencatat yang memantau suhu perairan pantai Lembongan selama 1 tahun – ahli kelautan dunia telah mengetahui adanya kecenderungan kenaikan suhu air laut dunia dalam dekade terakhir. Kenaikan suhu air laut telah membawa dampak bagi sebagian terumbu karang di dunia dan menjadi salah satu ancaman bagi kesehatan terumbu karang dunia – dimana World Resorces Institute melaporkan adanya peningkatan ancaman bagi terumbu karang dunia sebesar 30% antara tahun 1997-2007 – dengan alat ini bisa diketahui apakah ancaman kenaikan suhu laut terjadi di perairan Nusa Penida atau tidak.

Persiapan peralatan selam dan laptop telah selesai dilakukan, kami bersiap turun ke air dan posisi perahu telah sesuai dengan koordinat lokasi. Beberapa saat kemudian aba-aba diberikan bagi penyelam untuk turun, namun yang terjadi kemudian adalah perahu oleng ke bagian kiri dan tidak kembali ke posisi semula, namun secara cepat justru terbalik bersama penumpang dan barang diatas perahu. Kejadian yang tidak diharapkan ini berjalan begitu cepat, kami berusaha mengidentifikasi kondisi tim dan peralatan. Captain boat berupaya mendapatkan bantuan dari perahu yang ada di sekitarnya dan kami pun berusaha mendekat pada ponton terdekat untuk mengamankan peralatan. Beberapa tamu asing juga turut membantu mengumpulkan barang yang tercecer di permukaan air.

Beberapa saat berlalu namun perahu tidak berhasil kembali pada keadaan semula sehingga akhirnya ditarik perahu lain menuju ke pantai dan kami ditolong oleh perahu lainnya menuju ke pantai. Kami memeriksa peralatan kami, beberapa alat mengalami kerusakan karena terendam air, namun kami semua selamat dan hanya merasa kaget dengan kejadian ini. Kami berusaha mencari jawaban dari peristiwa ini. Pasti ada pelajaran yang dapat kami ambil. Menjaga alam tetap lestari tentunya dengan menjaga kesimbangannya. Demikian juga apabila kita naik perahu, walaupun tujuannya untuk menyelam tetapi harus selalu dijaga satu hal, yaitu keseimbangan.

Sanur, 27 Februari 2011. Penulis dari sebuah warnet.

Komentar Facebook :

Leave a Reply

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

  

  

  

*