‪2,081 views‬

Menjadi Penyelam dan Menjelajah Dunia Bawah Laut

Apel LautIndonesia dikenal masyarakat dunia sebagai salah satu negara tropis yang memiliki keindahan dan kekayaan laut yang sangat luar biasa. Keanekaragaman karang pembentuk terumbu yang dimiliki Indonesia merupakan yang tertinggi di dunia. Demikian juga mahluk hidup yang tinggal di bawah lautnya, para ahli kelautan dunia menyatakan bahwa perairan Indonesia memiliki keragaman jenis ikan karang yang sangat tinggi disamping jenis ikan endemik – yaitu jenis ikan yang di dunia hanya bisa dijumpai di laut Indonesia. Selain ikan, terumbu karang di Indonesia juga merupakan habitat bagi berbagai jenis mahluk laut unik seperti udang, kepiting, kerang-kerangan, moluska, reptil, bahkan mamalia laut. Kehidupan bawah air yang beraneka ragam tersebut menjadikan Indonesia sebagai daerah tujuan wisata selam kelas dunia. Raja Ampat, Teluk Cenderawasih, Ambon, Banda Naira, Morotai, Halmahera, Lembeh, Bunaken, Wakatobi, Komodo, Alor, Bali, Karimunjawa, Kepulauan Seribu, Bintan, dan Weh, dikenal sebagai lokasi-lokasi penyelaman yang banyak dikunjungi wisatawan dari berbagai penjuru dunia maupun dari tanah air.

Menjelajah Dunia Bawah Laut

Kecantikan dan keunikan bawah laut yang tersebar di kepulauan Indonesia tersebut bisa dinikmati apabila kita memiliki keterampilan menyelam, baik dengan menggunakan snorkel maupun dengan peralatan scuba. Penyelaman scuba merupakan olah raga atau aktifitas yang umumnya dilakukan di bawah laut dengan menggunakan peralatan yang dapat dibawa secara bebas sehingga manusia dapat bernafas dan menikmati keindahan di bawah laut. Namun untuk dapat menggunakan peralatan tersebut dan melakukan penyelaman dengan aman , seseorang harus mengikuti suatu kursus atau pendidikan mengenai pengetahuan tentang penyelaman, diantaranya mengenai tekanan udara, kesehatan penyelaman, dan lingkungan bawah air serta hewan yang berbahaya. Penggunaan peralatan scuba secara benar, penguasaan daya apung netral, tabel selam dan bahasa isyarat, merupakan keterampilan dasar yang akan dipelajari saat mengikuti kursus penyelaman. Selain pengetahuan dan keterampilan melakukan penyelaman, seseorang yang ingin menjadi penyelam juga diwajibkan menguasai cara menghadapi keadaan darurat serta mengerti prinsip-prinsip dasar konservasi.

Pengenalan SCUBASuatu kursus atau pendidikan penyelaman bagi penyelam tingkat A1 POSSI atau One Star Diver CMAS dilaksanakan selama 5 hari, meliputi pendidikan teori tentang pengetahuan akademis penyelaman (PAP), latihan keterampilan di kolam (LKK) dan latihan perairan terbuka (LPT). Siapapun yang telah berusia 14 tahun dan layak medis untuk melakukan aktifitas penyelaman – dengan menunjukkan pernyataan riwayat penyakit dan surat keterangan dari Dokter dapat memulai mengikuti kursus penyelaman ini.

Saat memulai kursus calon penyelam diminta menunjukkan kemampuan berenang tanpa alat sejauh 200 meter di kolam renang, berenang dengan menahan nafas sejauh 12 meter dan mengapung selama 10 menit.

Latihan Perairan TerbukaSetelah memenuhi kompetensi dan memiliki pengalaman melakukan penyelaman pada perairan yang tenang dan jernih dengan didampingi mitra selam yang lebih berpengalaman dengan kedalaman maksimum 18 meter, anda berhak menjadi seorang penyelam dengan sertifikasi tingkat A1 POSSI atau 1 Star Diver CMAS. Menjadi penyelam merupakan impian bagi setiap orang yang ingin menjelajah dan membuka tabir rahasia keindahan bawah laut. Setelah mempunyai keterampilan dan pengalaman menyelam ini, anda dapat terus meningkatkan keterampilan dan kompetensi One Star Diver CMASmenyelam anda dengan mengikuti program kursus lanjutan, yaitu penyelam tingkat A2 POSSI atau 2 Star Diver CMAS, dimana anda dapat meningkatkan pengetahuan dan kompetensi penyelaman pada kondisi yang lebih beragam seperti penyelaman Navigasi, penyelaman Malam dan penyelaman Dalam, yaitu penyelaman pada kedalaman 18–40 meter. Selanjutnya dapat ditingkatkan menjadi A3 POSSI atau 3 Star Diver dengan pengetahuan dan kompetensi sebagai penyelam yang telah berpengalaman terhadap factor keamanan dan kepedulian terhadap penyelam lain. Kursus penyelam tingkat A4 POSSI atau 4 Star Diver merupakan pendidikan bagi penyelam A3 untuk mendapatkan pengetahuan dan kompetensi sebagai pemimpin grup penyelaman serta menjadi pembantu dalam kursus selam mendampingi Instruktur Selam.

Info lebih lanjut silahkan hubungi info@penyelaman.com.

 TOPIK TERKAIT : Pelatihan SCUBA

Komentar Facebook :

Leave a Reply