‪1,171 views‬

MDC UNDIP Kampanyekan Perlindungan Hiu dan Pari Manta

Hiu dan pari manta termasuk sumber daya perikanan yang memiliki nilai penting dari aspek ekologis, penyebaran habitatnya sangat luas dari perairan dangkal hingga laut dalam. Di Indonesia hiu dan pari manta memiliki tingkat eksploitasi yang sangat tinggi, terutama di daerah pelepasan anakan ikan hiu (nursery ground), hal ini dapat menyebabkan terjadinya penurunan populasi hiu dan pari manta secara drastis dan membutuhkan waktu yang lama untuk proses pemulihan. Pendaratan tangkapan hiu dan pari manta di provinsi Jawa Tengah terjadi di beberapa tempat yaitu di TPI Tegal, Cilacap, dan Pekalongan.

Berdasarkan pemikiran dan fakta tersebut Marine Diving Club (MDC) merasa perlu mengambil peran untuk memberikan edukasi serta penyadartahuan kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga keseimbangan ekosistem laut dengan mencegah kepunahan hiu dan pari manta akibat penangkapan yang berlebihan.

Unit Pelaksana Kegiatan MDC Departemen Ilmu Kelautan Universitas Diponegoro bekerjasama  dengan Himpunan Mahasiswa Ilmu Kelautan Undip dan WWF-Indonesia akan menyelenggarakan kegiatan seminar nasional tentang pelestarian serta upaya pengelolaan ikan hiu dan pari manta di Jawa Tengah. Seminar akan diselenggarakan di Auditorium FPIK Undip Tembalang, pada Sabtu 1 Oktober 2016.

Kegiatan ini bertujuan memberikan edukasi dan sosialisasi kepada seluruh elemen masyarakat umum tentang keseimbangan ekosistem laut dan status perikanan hiu/ pari manta serta upaya rencana aksi nasional konservasi di Indonesia.

Acara Seminar akan berupa presentasi yang disampaikan oleh Dharmadi (Peneliti dari Balitbang KP) bersama Dwi Ariyoga (Koordinator Bycatch dan Sharks – WWF-ID) mengenai hasil penelitian-penelitian terkini, dan selanjutnya oleh Samsul Bahri Lubis (Dirjen KKHL KKP) mengenai rencana aksi nasional upaya pelestarian serta pengelolaan ikan hiu/pari. Dan yang terakhir sharing oleh Nadine Chandrawinata (penggagas kampanye seasoldier) mengenai belajar menghargai alam. Acara akan ditutup dengan diskusi bersama ketiga pembicara tersebut.

Dengan terselenggaranya acara ini diharapkan seluruh elemen masyarakat mengetahui, menyadari, dan dapat melakukan aksi-aksi nyata untuk menunjang program pelestarian hiu/pari manta di Indonesia sehingga ekosistem laut nasional dapat tetap terjaga.

Informasi Pendaftaran SEMINAR : 085725295099 / Line @aryasrida

www.mdc.undip.ac.id

Penulis : Jibriel Firman Sofyan Kontak : 082218115702 E-mail : jibrielfi@gmail.com

 

Komentar Facebook :

Leave a Reply