Pulau Batek Pulau Terdepan NKRI

Published by Kafe Penyelaman on

Loading

Tidak banyak orang mengenal atau mendengar nama pulau Batek, pulau yang terletak di perairan selat Ombai – laut Sawu di utara pulau Timor ini merupakan salah satu pulau terdepan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Pulau seluas 16,77 hektar ini hanya dihuni oleh petugas lampu navigasi dan beberapa anggota pasukan penjaga perbatasan.

Pulau Batek dalam bahasa setempat dikenal sebagai Fatu Sinai, memiliki pantai bertebing dan juga pantai berpasir putih. Adanya pepohonan yang tumbuh subur membuat pulau ini didiami fauna diantaranya Elang Jawa serta pasir putih nya cocok bagi penyu Sisik untuk bertelur.

Perairan pulau Batek memiliki terumbu karang yang kaya dan dan indah. Kekayaan jenis biota yang hidup di terumbu karang nya antara lain beraneka jenis karang keras dan lunak serta beraneka ikan karang berwarna warni. Semua ini membuat pulau Batek dan perairannya bagaikan surga yang  sedang menantikan bidadari kembali dari bumi.

Baca juga : Menjadi Penyelam dan Menjelajah Dunia Bawah Laut

Saat ini pulau Batek merupakan zona inti dari Kawasan Taman Nasional Perairan Laut Sawu yang bertujuan menjaga keaslian ekosistem perairan dan stok perikanan di dalamnya. Dengan terjaganya lumbung ikan dan rumahnya, diharapkan perairan pulau Batek ini dapat menyumbangkan generasi baru, baik ikan dan larva karang yang unggul bagi perairan disekitarnya. Hasil pengamatan ahli kelautan perairan pulau Batek merupakan tempat berkumpul bagi ikan kuwe dan ikan karang lainnya. Dengan adanya aliran arus laut yang kuat akan membantu menyebarkan telur-telur dan larva ikan ke perairan ini dan sekitarnya, sehingga akan memberikan manfaat bagi usaha perikanan di masa depan.

Ancaman penangkapan ikan secara ilegal dapat dikurangi dengan membangun pos jaga terpadu yang dilengkapi fasilitas dan logistik yang memadai sehingga para petugas baik pasukan penjaga perbatasan maupun petugas Taman Nasional Perairan Laut Sawu dan menjalankan tugas yang mulia disana dengan baik.

Baca Juga :
Jejak Pertempuran Di Pasifik
Untaian Cincin Api di Flores Timur

6 Jenis Hiu Berjalan Mendapat Perlindungan Penuh
Introduction Snorkeling to Non-Verbal Teenager with Autism

Become A First-time Diver As A Person With Anxiety
Isyarat Tangan Dalam Keadaan Darurat Saat Menyelam
Taman Laut Di Pulau Rinca

Jelajah Pesona Ambon Lease
9 Ikan Eksotis Paling Dicari Penyelam
Status of Golden Butterflyfish in Indonesia


Kafe Penyelaman

As an archipelago country, Indonesia has area covered with waters bigger than land. Kafe Penyelaman wants to improve the business scope in underwater services to explore how beautiful marine life and ecosystem. Our company is an Indonesian dive center based in Cibubur and undertakes tasks covering all over Indonesia waters. Our orientation is to provide professionalism, customer focused services and competitive cost effective solution. We are supported by professional, skilled and experienced diver and scientist coral reef expert in order to ensure accurate and competent service delivery, endeavouring at all times to satisfied our client safety, quality, technical and commercial objective.