Fish Quote Today

Tahukan kamu ikan badut (Anemonefish) tidak hidup di perairan Karibia (Caribbean)
‪175 views‬

Isyarat Tangan Bagi Penyelam Dari Penjuru Dunia

Setelah belajar berlatih isyarat tangan dasar maupun isyarat tangan dalam keadaan darurat, mitra penyelam tentunya sangat membutuhkan isyarat tangan lainnya agar memudahkan dalam berkomunikasi dengan mitra penyelam lainnya. Pengalaman melakukan petualangan bawah air bersama teman maupun dengan penyelam dari bagian dunia lainnya akan mengecewakan, bahkan dapat membuat malu apabila kita tidak mengetahui isyarat tangan yang digunakan dalam berkomunikasi.

Baca juga : Mengenal 5 Isyarat Tangan Dalam Penyelaman

Berikut ini 9 isyarat tangan yang umum digunakan oleh para penyelam dari seluruh penjuru dunia.

  1. Berenang Perlahan
    Telapak tangan menghadap ke bawah dan digerakkan ke bawah dan ke atas beberapa kali. Isyarat tangan ini dilakukan oleh Instruktur Selam atau Pimpinan Kelompok Penyelaman atau Pemandu Selam agar penyelam berenang secara perlahan.  Hal ini biasanya dilakukan apabila menjumpai sesuatu di depan kempok penyelam tersebut, seperti bertemu ikan atau hewan yang unik tetapi mudah menghindar bila terkejut dengan kehadiran penyelam.
  2. Pada Kedalaman Yang Sama
    Telapak tangan menghadap ke bawah dan digerakkan ke samping mejauh ibu jari dan jari kelingking bergantian beberapa kali. Isyarat tangan ini dilakukuan agar para penyelam menjaga tetap pada kedalaman pada saat itu. Hal ini biasanya dilakukan Instruktur selam atau pimpinan kelompok penyelaman saat melakukan Safety Stop atau penyelaman telah berada pada kedalaman yang direncanakan.
  3. Lihat dan Perhatikan
    Jari tengah dan telunjuk lurus ke arah mata dan jari lainnya dilipat. Isyarat tangan ini biasayanya dilakukan oleh Instruktur Selam atau Pemandu Selam dilanjutkan dengan isyarat jari telunjuk menunjuk ke arah yang dimaksud oleh Instruktur Selam atau ke arah dada Instruktur Selam tersebut untuk mendapatkan perhatian dari penyelam lainnya.
  4. Periksa Tekanan Udara
    Satu telapak tangan menghadap ke atas dan jari telunjuk dan jari tengah dari tangan lainnya diletakkan pada telapak tangan yang menghadap ke atas dengan jari-jari lainnya dilipat. Isyarat tangan ini digunakan Instruktur Selam atau Pimpinan Kelompok Penyelaman untuk meminta penyelam memeriksa tekanan udara yang tersisa dari alat pencatat tekanan udara tabung atau pressure gauge. Para penyelam akan memeriksa udaranya dan menjawab dengan memberikan isyarat jumlah tekanan udara yang tersisa dari tabung udaranya.
  5. Udara Sisa 50 Bar atau Udara Sisa Sedikit
    Lengan bawah menghadap ke atas dengan jari-jari tangan menggenggam diletakkan di depan dada. Isyarat tangan ini untuk memberitahu bahwa udara yang tersisa tinggal 50 Bar – suatu batas tekanan udara dimana penyelam segera naik ke permukaan dan menyelesaikan penyelamannya.
  6. Safety Stop
    Satu telapak tangan menghadap ke bawah dan jari telunjuk, jari tengah dan jari manis tangan lainnya lurus ke atas menyentuh telapak tangan yang menghadap ke bawah. Isyarat tangan ini  dilakukan saat Instruktur Selam atau Pimpinan Kelompok Penyelaman meminta untuk melakukan prosedur safety stop, yaitu sebelum naik ke permukaan penyelam berhenti pada kedalaman 5 meters selama sedikitnya 3 menit. Prosedur safety stop ini bertujuan untuk memberi kesempatan  sisa nitrogen yang terlarut dalam tubuh penyelam saat berada pada kedalaman, dapat keluar dari tubuh.
  7. Ke Arah Tertentu
    Salah satu telapak tangan rapat dan tegak dengan ujung tangan menunjuk pada arah yang ingin dituju. Isyarat tangan untuk memberitahukan arah yang akan dituju.
  8. Tidak mengerti
    Kedua tangan terbuka dengan kedua telapak tangan menghadap atas. Isyarat tangan ini berarti penyelam tidak mengerti.
  9. Kembali ke rumah
    Ujung-ujung jari kedua tangan bertemu di depan dada. Isyarat ini digunakan apabila penyelam ingin kembali ke rumahnya.

Pelajari juga : Isyarat Tangan Fauna Laut

Dengan berlatih isyarat tangan di rumah bersama mitra selam akan menambah kepuasan anda saat melakukan petualangan bawah air.

Baca juga : Isyarat Tangan Dalam Keadaan Darurat Saat Menyelam

Komentar Facebook :

Leave a Reply

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

  

  

  

*