‪151 views‬

Isyarat Tangan Fauna Laut

Salah satu kegiatan penyelaman yang menantang keingintahuan para penyelam dan pecinta fauna laut adalah pengenalan fauna-fauna laut, mulai dari berbagai jenis ikan karang, bintang laut, hingga penyu laut yang eksotis.

Baca juga : Mengenal 5 isyarat tangan dalam penyelaman

  1. Ikan Angelfish
    Jari telunjuk menunjuk ke bawah diatas kanan kemudian digerakkan melingkar di atas kepalanya seperti bentuk mahkota bidadari.
  2. Ikan Nemo
    Ujung jari telunjuk dan ujung ibu jari ini bertemu dan membentuk huruf O dan diletakkan di depan hidung,.
  3. Ikan Napoleon/ Maming
    Telapak tangan rapat menghadap dada dan menempel pada tali buckle BCD.
  4. Kima (Giant Clam)
    Kedua tangan bertemu dengan jari-jari saling menggenggam erat. Isyarat tangan ini merupakan isyarat bagi kerang kima yang juga sudah dilindungi pemerintah Republik Indonesia.
  5. Bintang Laut Berduri 
    Tangan diletakkan di kepala dengan telapak tangan menghadap ke bawah dan jari-jari terbuka, kepala seperti mengenakan mahkota.
  6. Penyu Laut
    Kedua tangan saling tumpuk dengan telapak tangan keduanya menghadap kebawah. Kedua ibu jari  direntangkan keluar dan bergerak lingkaran ke arah belakang seperti penyu laut yang tengah berenang.
  7. Ikan Lepu Ayam
    Kedua tangan bertemu dengan kedua jari ditarik keluar membentuk duri-duri ikan lepu ini.
  8. Ikan Beronang
    Satu tangan diletakkan di belakang kepala dengan jari telunjuk dan jari tengah lurus ke atas.
  9. Ikan Pari 
    Tangan kanan dan kiri diletakkan atas dan bawah menyilang satu sama lain dan ujung jari bersama-sama digerakkan ke atas dan bawah secara berulang. Ikan pari umumnya hidup pada dasar perairan dan mempunyai duri pada ekor yang sangat beracun. Duri ini dapat membahayakan orang yang kurang berhati-hati saat turun dari perahu di perairan pantai dengan dasar berpasir atau pengunjung yang berjalan di perairan dangkal dengan dasar pasir.
  10. Ikan Bibir Tebal
    Jari-jari berkumpul dan diletakkan di ujung mulut bergerak ke ujung lainnya di bibir sebelah atas diikuti ke bibir bawah.  Ikan bibir tebal dapat dijumpai di perairan jernih di terumbu karang sampai pada perairan keruh dekat estuari.

Masih banyak isyarat tangan yang bisa dipelajari dan dikembangkan.

Baca juga : Isyarat Tangan Dalam Keadaan Darurat Saat Menyelam

Komentar Facebook :

Leave a Reply

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

  

  

  

*