4,028 total views,  7 views today

Dokumentasi mampu menyimpan suatu kejadian baik individu maupun kelompok dengan baik sehingga informasi mengenai kejadian tersebut seperti waktu, lokasi, pelaku yang terlibat, apa saja yang dijumpai bahkan sampai perasaan pada saat kejadian pun akan memperkaya dokumentasi yang dibuat.



Para pembuat aplikasi telah mengembangkan aplikasi divelog yang mudah digunakan dan dapat dibagikan kepada teman maupun komunitas penyelam melalui media sosial. 
Berikut ini beberapa contoh Divelog pribadi maupun tampilan aplikasi divelog yang dapat diunduh secara gratis.

Salah satu bentuk dokumentasi bagi seorang Penyelam adalah Logbook atau Divelog, dimana saat ini tidak hanya berupa sebuah buku namun sudah menyesuaikan dengan teknologi yang berkembang, antara lain dengan aplikasi di smartphone atau personal notebook yang mampu ditulis secara offline maupun secara online dari manapun seorang penyelam berada. Dalam sebuah Logbook atau Divelog, seorang penyelam dapat mendokumentasikan informasi apa saja terkait kegiatan penyelaman, antara lain :

  • Lokasi: nama lokasi penyelaman (contoh: Tabularasa Wreck, Air Channel, Shark Point, dst)
  • Date: diisi tanggal penyelaman dilakukan
  • Dive Objective: diisi dengan tujuan kegiatan penyelaaman, antara lain: fun dive, wreck dive, photography etc.
  • Dive No: diisi dengan nomor urutan penyelaman sudah dilakukan.
  • Buddy: diisi nama mitra selam
  • Peralatan yang digunakan: jenis alat mis: snorkel, scuba, dsb.
  • Weather: dicatat kondisi cuaca saat penyelaman, cerah, berawan, atau hujan, dsb.
  • Max Depth: yaitu kedalaman maksimum, dapat dilihat pada komputer selam atau depth-gauge
  • Visibility: yaitu jarak pandang di dalam air, baik secara vertikal maupu horizontal
  • Water Temperature: jika membawa jam/ komputer selam dengan fitur pencatatan suhu udara/ perairan.
  • Tide: kondisi perairan sedang pasang atau surut.
  • Waktu Penyelaman: diisi bottom time, Jam mulai: waktu saat muai penyelaman, Jam selesai: waktu selesai penyelaman
  • Tank Pressure Start and End: yaitu tekanan udara tabung saat sebelum mulai dan saat selesai penyelaman
  • Penyelaman Berulang: diisi G: kelompok penyelaman (lihat tabel selam US. NAVY), SI: lama waktu di permukaan NG: kelompok penyelaman setelah SI.
  • Catatan: berisi catatan, baik apa saja yang dijumpai maupun kesan terhadap penyelaman yang dilakukan.

    Tambahan Informasi:
  • Sea Condition: Calm, Rough, dsb.

Buku Divelog
Berupa buku kecil berisi beberapa halaman yang telah dicetak untuk mempermudah penyelam menulis dalam format baku maupun yang sudah dikembangkan. Biasanya berisi 20 halaman untuk 20 penyelaman.



Buku divelog dapat juga dibuat sesuai keinginan penyelam dengan mendesain dan mencetak halaman sebanyak yang diinginkan.

Format informasi yang didokumentasikan dalam sebuah divelog disesuaikan menurut format baku maupun pengembangan sehingga berisi lebih banyak informasi.

Catatan Divelog
Dokumentasi sebuah penyelaman dapat juga dilakukan pada sebuah catatan dalam buku tulis biasa menggunakkan format informasi baku, seperti dibawah ini.

Worksheet Divelog
Penyelam dapat memanfaatkan aplikasi dalam komputer seperti MS Excel  untuk mendokumentasikan penyelaman yang dilakukan, seperti contoh ini.

Aplikasi Divelog pada Komputer
Banyak sekali aplikasi yang dikembangkan para programmer untuk mempermudah penyelam mendokumentasikan penyelaman mereka, baik untuk perangkat komputer maupun telepon genggam atau smartphone.


Masing-masing aplikasi memiliki fitur tambahan, antara lain bisa menambahkan lokasi penyelaman langsung pada sebuah peta secara online. 

Dijual Regulator Apeks XTX200 Tungsten Komplit Kondisi Bekas 40log. Klik Disini

Diantara banyaknya aplikasi yang dikembangkan, deepblu merupakan aplikasi divelog yang disesuaikan dengan kebutuhan para penyelam milenial, yaitu mudah untuk menggunakannya yaitu dapat diunduh secara gratis pada deepblu.com dan tidak memerlukan prosedur pendaftaran bagi para penyelam yang telah memiliki akun media sosial facebook. Para  penyelam pengguna aplikasi ini dapat menghubungkan perangkat komputer selam mereka secara langsung menggunakan koneksi bluetooth sehingga profile penyelaman dapat langsung ditampilkan pada aplikasi tersebut. Bagi pengguna smartphone aplikasi deepblu ini tersedia baik bagi pengguna android maupun ios. Fitur menarik lainnya adalah penyelam dapat menampilkan foto-foto mereka ke dalam aplikasi ini sekaligus dapat membagikan kepada pengguna sosial media lainnya. Bagi penyelam milenial, aplikasi ini sangat pas untuk mendokumentasikan penyelaman mereka sekaligus untuk ber sosial media lebih keren.

Waspada Dira Anuraga

Divelog adalah sarana dokumentasi bagi penyelam

Categories: DiveSkill

Kafe Penyelaman

The founder is a marine biologist and a dive instructor. He experiences in marine conservation especially on bio-physic data collection such as reef health monitoring, fish spawning aggregation site survey, marine large fauna survey, occasional observation and marine resource utilization assessment. Also experience on training related scientific diving, bio-physic monitoring, geographic information system, data analyzing and reporting, marker buoys installation, underwater photography and coral rehabilitation, such in Weh island- Aceh, Mandeh waters - Padang, Riau islands and Belitung waters, in Sumatera region, Krakatoa Marine Sanctuary, Seribu islands National Park and Karimunjawa National Park in Jawa region, Derawan, Sangalaki and Kakaban islands, and Tanah Bumbu Regency in Kalimantan region, Wakatobi National Park, Gorontalo waters, Bunaken National Park and Lembeh strait in Sulawesi region, Bali, Lombok, Sumbawa, Komodo waters, Flores, Adonara, Lembata, Pantar, and Sawu Sea National Park in Lesser Sunda Region, Halmahera and Morotai waters in North Maluku region, Ambon waters, Lease islands and Banda islands in Maluku region, Kaimana, Raja Ampat waters and Teluk Cenderawasih National Park in West Papua region, Tioman Marine Park and Tun Sakaran Marine Park in Malaysia, Atauro island and Liquiça in Timor Leste, Phuket in Thailand, Kehpara Marine Sanctuary in Pohnpei, Micronesia, Gladden Spit Marine Sanctuary and Half Moon Cay Marine Park in Belize. Experience as a scuba diver instructor with more than 5000 dives and trained more than 200 advance and open water divers.