‪4,429 views‬

Perairan Karibia

Perairan ini terletak di lautan Atlantik, meliputi  Meksiko, Belize, Guatemala, Honduras dan ke arah Timur seperti kepulauan St. Lucia hingga ke Utara di kep. Cayman dan Cuba. Belize atau British Honduras merupakan satu negara dengan karang penghalangnya (barrier reef) yang merupakan karang penghalang terpanjang kedua di dunia. Lokasi ini dapat dijangkau melalui penerbangan ke Los Angeles kemudian Houston dan terakhir di Philip S. W. Goldson International Airport di Belmopan, Belize. Dari ibukota Belize ini tersedia penerbangan ke berbagai pulau di penjuru negara ini.

Baca juga : Mikronesia

San Pedro merupakan daerah industri selam yang terbesar di Belize. Shark and Ray Alley di Hol Chan Marine Reserve merupakan satu lokasi dengan ikan-ikan jinak datang untuk mencari makanan dari ikan yang setiap pemandu selam selalu bawa bila datang ke lokasi ini. Hiu-hiu perawat, ikan-ikan kerapu, kakap sirip kuning, belut laut bersama-sama datang ke pemandu selam yang membawa botol plastik berisi rucah ikan. Mereka merupakan atraksi bagi para penyelam yang datang dari berbagai penjuru dunia. Bangkai kapal besi yang karang karena badai merupakan pemandangan yang menambah suasana petualangan.

Lokasi lain yang menarik adalah  Gladden Spit, merupakan perairan di suatu ujung karang penghalang Belize di mana merupakan lokasi pemijahan bagi ribuan ikan kakap hitam Cubera (Cubera snapper) dan jenis-jenis kakap laut atlantik lainnya. Menyelam di perairan yang tenang untuk beberapa menit sampai bertemu sesuatu menyerupai angin putting beliung yang hitam di bawah air. Ketika jarak hampir 20 meter tampak jelas itu merupakan kumpulan ikan kakap yang tengah beragregasi untuk memijah. Mereka bergerak dengan cepat ke atas dan melingkar dan ke bawah membentuk sebuah garis hitam besar dari dasar perairan hingga permukaan. Tanpa sadar saya bersama penyelam lain telah berada di tengah-tengah ikan tersebut. Begitu fantastis berada di dalam ribuan ikan-ikan dengan ukuran hingga 1 meter hingga tersadar sudah tidak dapat melihat sesuatu.. semuanya putih pekat. Saya tengah berada di awan jutaan telur-telur kakap yang baru saja memijah. Ketika saya melihat komputer selam, saya telah berada di kedalamn 35 meter. Saya turun lebih 20 meter tanpa saya menyadarinya. Detik berikutnya saya tidak dapat melihat teman-teman saya dan saya berusaha keluar dari awan putih pekat tersebut dengan berenang ke satu arah. Perlu waktu 10 menit untuk berenang dan keluar dari telur-telur kakap tersebut. Ketika saya dapatkan air biru saat itu saya terkesima dengan sesuatu yang besar bergerak masuk di awan putih tersebut. Setelah jarak cukup dekat saya mengenali itu sebagai hiu paus dengan panjang lebih dari 6 meter. Saya berenang ke permukaan. Sesampai di permukaan belum seorang pun penyelam lain yang naik. Aku mencoba menunggu mereka di permukaan yang masih putih pekat ketika sesuatu tiba-tiba berada di depanku, seekor hiu paus lainnya. Aku segera naik ke atas perahu. Dari perahu dapat kusaksikan tidak kurang 17 ekor hiu paus berenang di dalam awan telur kakap.

Baca juga : Pelatihan SCUBA

Half Moon Caye, Turneffe Atol, Glover Reef Marine Reserve, Blue Hole merupakan lokasi-lokasi selam yang menawarkan keunikan laut Karibia. Ikan jack atau kuwe dalam jumlah ratusan ekor, kelompok barakuda maupun hiu-hiu jinak menjadi suguhan pagi penyelam yang datang dari penjuru dunia, khususnya Amerika.

Peta perairan Belize :

Komentar Facebook :

Leave a Reply

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

  

  

  

*