‪3,701 views‬

Kepulauan Karimunjawa

Tempat-tempat yang dikunjungi antara lain Karimunjawa, Kemujan, Menyawakan, Cemara Besar, Cemara Kecil, Gosong Cemara, Burung, Geleang, Nyamuk, Parang, Menjangan Kecil, Menjangan Besar, Tengah, dan lain-lain.

Beragam penyelaman seperti deepdive, nightdive, wreckdive, video dan fotografi serta scientificdive dapat dilakukan di peraiaran Kep. Karimunjawa.

Jenis-jenis karang keras dan lunak, sponge, dan biota-biota yang hidup dikarang seperti kima, teripang, kipas laut serta organisme laut lain banyak dijumpai di tempat ini. Ikan-ikan yang beraneka jenis dari kerapu, hiu, pari dan lumba-lumba serta penyu laut merupakan penghuni perairan yang acap dijumpai penyelam.

Baca juga : Menjadi Penyelam dan Menjelajah Dunia Bawah Laut

Kepulauan Karimunjawa merupakan tempat yang mempunyai nilai sejarah bagiku. Disinilah aku untuk pertama kali melakukan penyelaman, yaitu pada tahun 1990, dimana waktu itu aku belum mempunyai bekal pengetahuan yang cukup mengenai penyelaman. Dan di tempat ini pula aku pertama kali mendapat sertifikat selam. Beberapa kegiatan selam di Kep. Karimunjawa baik yang diadakan oleh UKSA-387 Universitas Diponegoro maupun MDC Jurusan Kelautan FPIK Undip aku ikuti disamping penyelaman yang aku lakukan secara pribadi bersama teman-teman ataupun dalam rangka kegiatan penelitian. Selanjutnya sejak tahun 1990 aku secara rutin melakukan penyelaman di Kep. Karimunjawa hingga akhir tahun 1997. Pada tahun 1997 pula aku bersama Bapak Sarwono Kusumaatmaja yang menjabat Menteri Lingkungan Hidup saat itu menyelam dalam rangka kegiatan Reefcheck 1997 yang diselenggarakan WWF Indonesia Program.
Maret 2002 aku kembali melakukan penyelaman di 21 lokasi untuk mencari lokasi yang berpotensi sebagai tempat pemijahan ikan kerapu dan napoleon. Kegiatan ini adalah salah satu program TNC CMP Indonesia dalam mengembangkan pengelolaan Lokasi Pemijahan Ikan di wilayah Indonesia.

Peta Kepulauan Karimunjawa:

Komentar Facebook :

Leave a Reply