‪3,674 views‬

Kepulauan Raja Ampat

Kepulauan Raja Ampat terletak di sebelah barat Sorong, terdiri dari lebih dari 600 pulau besar dan kecil. Penyelaman di Raja Ampat seperti sebuah eksplorasi tanpa henti. Penelitian para ahli biologi kelautan menunjukkan bahwa Raja Ampat merupakan pusat keanekaragaman hayati laut di dunia.

Perairan Raja Ampat tercatat memiliki 1320 jenis ikan dan tidak kurang 540 jenis karang keras. Terdapat 16 jenis paus dan lumba-lumba yang telah dicatat, demikian pula duyung, penyu laut serta reptilia laut lainnya seperti buaya. Mereka hidup di habitat yang beraneka ragam, seperti pantai pasir putih, berbatu, magrove, teluk semi tertutup bahkan selat sempit dengan arus yang kuat. Kondisi tersebut membuat mahluk hidupnya unik dan beragam.

Lokasi penyelaman yang hebat terdapat hampir di seluruh perairannya, dari Misool Selatan, Misool Utara, Kofiau, Pam, Salawati, Batanta, Gam, Teluk Mayalibit, Wayag, sampai atol Ayau di utara.

Semua jenis mahluk yang hidup di laut dapat dijumpai di Raja Ampat. Ikan hiu wobbegong, pari manta, ikan kerapu raksasa dan jenis ikan yang berkamuflase seperti kuda laut pigmi, ikan crocodile sampai nudibranch yang berwarna cerah menjadi pusat perhatian para penyelam.

Peta Kepulauan Raja Ampat :

Komentar Facebook :

Leave a Reply