‪3,518 views‬

Perairan Komodo

Batu Tiga

Perairan ini menyimpan banyak tempat paling eksotis yang pernah aku lihat di muka bumi ini. Gili Banta, Komodo, Padar, Rinja, Gili Motang, Tatawa, Siaba, Pengah adalah gugusan pulau dengan pemandangan laut dan bawah air yang menakjubkan. Keanekaragaman hayati yang melimpah bahkan merupakan titik penting keanekaragaman hayati laut di dunia menjadikan perairan Komodo mendapat penilaian tinggi dari para penyelam kawakan dunia dan para ahli kelautan. Habitatnya yang terdiri dari pantai berpasir, pantai dengan tebing yang curam, selat-selat sempit dengan arus yang kencang, teluk semi tertutup, pantai berbakau, padang lamun dan terumbu karangnya dihuni oleh lebih dari 1000 jenis ikan dan dari penelitian para ahli, di perairan yang dilindungi ini hidup lebih dari 250 jenis karang keras dan 70 jenis sponge, berbagai jenis karang lunak maupun biota laut lain termasuk kerang-kerangan, kipas laut, teripang, cacing laut dan banyak lagi jenis kehidupan dasar laut. Disamping itu perairan ini merupakan perlintasan dan rumah bagi 18 jenis paus dan lumba-lumba, duyung, penyu hijau dan penyu sisik serta biota-biota besar lainnya yang melintasi perairan ini sepanjang tahun.

Sejak pertama kali aku menyelam di perairan Komodo pada tahun 1998 sampai sekarang telah ratusan lokasi yang telah aku selami dan selama itu aku banyak menemukan sesuatu yang baru. Menyelam bersama hiu paus, manta raksasa yang jinak, kerapu-kerapu raksasa, ikan-ikan napoleon yang berenang dalam satu kelompok adalah kerinduan aku setiap saat. Di lain waktu aku berenang bersama ikan-ikan tuna gigi anjing dalam gerombolan besar, barracuda yang bertampang dingin dan kadang berjumpa dengan ular laut belang menari-nari disela-sela karang. Ribuan ikan anthias berwarna ungu menggoda mata kala mereka tengah memadu asmara untuk memijah diantara rimbunan acropora yang berjajar memenuhi paparan terumbu. Induk ikan triger tengah sibuk menjagai telur-telurnya dari ancaman ikan-ikan kepe-kepe. Di suatu ujung pulau aku bertemu arus yang menggila dan tidak tentu kemana arus ittu mengalir. Satu waktu dibawa ke bawah lain kali ke atas, saat lain hilang – membuat tangan harus merayap diantara batu-batu terjal yang mudah terlepas dari dindingnya. Pengalaman menyelam yang belum pernah aku alami di tempat lain aku temui di perairan Komodo. Penyelaman yang tidak akan aku lupakan dalam hidup. Taman Nasional Komodo merupakan keajaiban dunia bawah air.

Peta Penyelaman Komodo :

Komentar Facebook :

Leave a Reply

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

  

  

  

*