‪3,081 views‬

Pekerjaan

Pekerjaanku sebagai penyelam, marine biologist, dan praktisi konservasi – aktifitas yang belum banyak orang lakukan saat aku mulai pada tahun 1998 – adalah melakukan penyelaman untuk mengumpulkan informasi kondisi habitat yang ada di laut, seperti kesehatan terumbu karang – termasuk didalamnya tutupan dasar dan stok ikan, pengamatan lokasi pemijahan/ bertelur ikan karang, pengamatan mega fauna laut seperti paus, lumba-lumba, pari manta, penyu laut dan duyung serta pola pemanfaatan sumber daya laut. Kumpulan informasi yang berbentuk angka-angka tersebut –  diolah dengan menggunakan piranti lunak seperti program worksheet dan sig, menjadi tampilan grafis dan peta tematik- selanjutnya digunakan untuk merancang pengelolaan kawasan konservasi laut berdasarkan zonasi.

Sebelum memulai pekerjaan, perlu kajian dan studi serta membangun desain pengumpulan informasi. Wawancara dengan pengguna sumber daya, studi pustaka baik laporan maupun peta dibutuhkan untuk mempermudah proses selanjutanya, serta pengamatan menggunakan boat dan perlengkapan selam scuba. Dibutuhkan ketrampilan dan pengalaman penyelaman yang cukup untuk menguumpulkan data di lokasi, khususnya kawasan perairan dengan kondisi alam yang ekstrem seperti arus yang kuat, suhu perairan yang dingin maupun angin dan gelombang laut.

Bersama tim mensosialisasikan hasil kajian untuk mendapat masukan melalui pertemuan dan diskusi maupun material atau lembaran fakta serta laporan. Seminar dan simposium merupakan sarana ntuk menyebarkan pengalaman baik tantangan dan keberhasilan kepada komunitas yang lebih luas.


Komentar Facebook :

Leave a Reply

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

  

  

  

*