3,824 total views,  54 views today

Ikan eksotis adalah kelompok hewan yang berenang atau berpindah tempat menggunakan sirip. Ikan ini memiliki daya tarik karena keunikan baik bentuk, warna atau pun tingkah lakunya. Perairan Indonesia merupakan rumah bagi bermacam jenis ikan eksotis.

Keunikan ikan eksotis merupakan bagian dari adaptasi mereka terhadap lingkungannya. Ikan eksotis hidup pada habitat khusus sebagai perlindungan dan penyamaran mereka, baik dari predator bahkan untuk memperdaya mangsa mereka. Sebagian dari ikan eksotis memiliki racun untuk melumpuhkan musuh maupun mangsa mereka.

Bagi penyelam rekreasional dan fotografer bawah air, perlu menyiapkan sebuah daftar berisi jenis-jenis ikan eksotis. Daftar ini diserahkan kepada pemandu selam mereka sebagai target penyelaman mereka. Ada kala dalam satu trip selam dapat dijumpai berbagai jenis ikan yang berbeda namun terkadang tidak berjumpa sama sekali. Selain lokasi selam yang memiliki habitat yang digemari oleh ikan-ikan eksotis tersebut, diperlukan pengalaman dan ketajaman mata untuk menemukan ikan-ikan eksotis.

Ikan eksotis paling dicari oleh penyelam dunia yaitu:

  1. Leaf Scorpionfish

    Ikan Leaf Scorpionfish (Taenianotus triacanthus) ini hidup pada kedalaman 3-18 meter, di antara karang bercabang, spons atau serpihan karang. Ikan Leaf Scorpion berbentuk menyerupai daun dan dapat dijumpai dalam beberapa warna, umumnya putih, kuning atau merah polos. Memiliki panjang tubuh 6-8 cm.
  2. Pygmy Seahorse

    Ikan kuda laut kerdil hidup pada kedalaman 11-25 meter. Terdapat beberapa jenis ikan kuda laut kerdil, diantaranya kuda laut kerdil “pontohi” (Hippocampus pontohi), kuda laut kerdil “bargibanti” (H. bargibanti) dan kuda laut kerdil “denise” (H. denise). Masing-masing jenis memiliki kesukaan pada tempat hidup yang berbeda, kuda laut “pontohi” suka tinggal pada Hydroids, sedangkan kuda laut “bargibanti” dan “denise” hidup pada Gorgonia. Ikan kuda laut kerdil pontohi dapat memiliki panjang tubuh 5-15mm, sedangkan “bargibanti” dan “denise” dapat lebih besar.
  3. Ornate Ghost Pipefish

    Ikan Ornate Ghost Pipefish atau sering disingkat Ornate GPF (Solenostomus paradoxus) hidup pada kedalaman 5-30 meter. Ikan ini biasa dijumpai pada daerah terumbu karang dan tinggal dan menyamar pada bintang laut bulu ayam atau Feather Star. Ikan ini memiliki beberapa warna, hitam, merah dan kadang merah kekuningan. Pada saat juvenile tubuhnya merah muda agak transparan.
  4. Lionfish

    Ikan lion fish (Pterois spp) merupakan ikan yang cantik karena duri-duri nya menyerupai bulu dengan motif zebra, jika dikembangkan sepintas seperti singa jantan. Ikan eksotis ini sering menjadi objek bagi fotografer bawah laut karena daya tarik warna dan “bulu-bulu” nya. Terdapat beberapa jenis/ species ikan ini. Ikan ini dapat berenang dan menyelam hingga kedalaman 300 meter dan dapat mencapai ukuran hingga 47cm. Bagi yang ingin memotret ikan cantik ini harus berhati-hati karena duri-duri bulunya sangat beracun.
  5. Weedy Scorpionfish

    Ikan weedy scorpionfish (Rhinopias frondosa) merupakan ikan eksotis yang unik dan memiliki bentuk dan warna sangat menarik. Ikan ini hidup di dasar yang lembut seperti karang lunak dan spons. Penyamarannya membuat penyelam harus berenang perlahan agar dapat melihat ikan ini. Ikan ini biasa disebut sesuai nama ilmiahnya yaitu Rhinopias. Terdapat 3 macam, yaitu R. frondosa, R aphanes, dan R. eschmeyeri.
  6. Banggai Cardinalfish

    Sesuai namanya (Pterapogon kauderni) ikan ini pertama ditemukan di daerah Banggai, Sulawesi Tengah. Hidup di terumbu karang khususnya dekat dengan anemon laut dan hewan lain seperti bulu babi. Ikan ini banyak dijumpai di perairan dangkal.
  7. Mandarinfish

    Nama Mandarinfish (Synchiropus splendidus) diambilkan dari jubah raja dengan warna-warna di tubuh yang unik dan sangat cantik.
  8. Ribbon Eel

    Ikan ribbon eel atau belut pita (Rhinomuraena quaesita) memiliki warna cantik yaitu biru terang dan kuning dan juga bisa berwarna hitam saat muda. Ikan ini gemar bersembunyi pada lobang dan menjulurkan kepala dan menangkap ikan kecil yang lewat di depan lobangnya.
  9. Frogfish

    Ikan katak atau Frogfish (Antennarius pictus) dapat berpindah dengan menggunakan sirip dada dan perutnya sebagai kaki untuk berjalan. Ikan katak ini mempunyai bentuk dan warna yang unik. Hidup di habitat yang lunak seperti karang lunak dan spons.

This image has an empty alt attribute; its file name is logo_IG.jpg

Topik terkait lainnya :
Geropa Laut Mikronesia
Udang Bintik Merah
Ikan Matahari dari Nusa Penida
Barongsai Laut
Colors of The Reef
Bulu Babi Selayang Pandang


Kafe Penyelaman

The founder is a marine biologist and a dive instructor. He experiences in marine conservation especially on bio-physic data collection such as reef health monitoring, fish spawning aggregation site survey, marine large fauna survey, occasional observation and marine resource utilization assessment. Also experience on training related scientific diving, bio-physic monitoring, geographic information system, data analyzing and reporting, marker buoys installation, underwater photography and coral rehabilitation, such in Riau islands and Belitung waters, and Weh island in Sumatera region, Krakatoa Marine Sanctuary, Seribu islands National Park and Karimunjawa National Park in Jawa region, Derawan, Sangalaki and Kakaban islands in East Kalimantan, Wakatobi National Park, Bunaken National Park and Lembeh strait in Sulawesi region, Bali, Lombok, Sumbawa, Komodo waters, Flores, Adonara, Lembata, Pantar, and Sawu Sea National Park in Lesser Sunda Region, Halmahera and Morotai waters in North Maluku region, Ambon waters, Lease islands and Banda islands in Maluku region, Kaimana, Raja Ampat waters and Teluk Cenderawasih National Park in West Papua region, Tioman Marine Park and Tun Sakaran Marine Park in Malaysia, Atauro island and Liquiça in Timor Leste, Phuket in Thailand, Kehpara Marine Sanctuary in Pohnpei, Micronesia, Gladden Spit Marine Sanctuary and Half Moon Cay Marine Park in Belize. Experience as a scuba diver instructor with more than 5000 dives and trained more than 200 open water divers.