‪3,437 views‬

Barongsai Laut

Ikan BarongsaiPada saat menyelam khususnya saat senja hari kita dapat berjumpa dengan sejenis ikan yang memiliki warna yang unik, dasar biru dipadu dengan warna oranye bergelombang dan warna kuning, ungu dan hijau yang mencolok, sepintas warna dan bentuk tubuh ikan ini mirip topeng penari barongsai. Sebagian penyelam menganggap ikan ini mirip seragam pasukan kerajaan tiongkok. Keunikan warna dan bentuknya yang kecil membuat penyelam yang gemar fotografi menjadikannya target untuk difoto.

Ikan Barongsai atau mandarin fish mempunyai nama ilmiah Synchiropus splendidus, hidup di perairan dangkal dekat dengan pecahan karang mati atau dibawah karang. Ikan ini merupakan pemakan invertebrata laut yang kecil seperti cacing laut dan krustasea kecil. Pada saat musim kawin, ikan betina akan berenang menunggu ikan jantan yang memamerkan “kejantanannya” di depan ikan-ikan betina. Bila saling tertarik makan mereka akan berenang dengan masing-masing perut menempel kemudian melepaskan telur dan sperma secara bersamaan. Seekor ikan barongsai betina dapat melepaskan 200 butir telur. Ikan ini mempunyai pertahanan diri dengan lendir pada kulitnya yang membuat pemangsa enggan. Lendir ini juga sebagai pelindung dari parasit. Warna yang terang merupakan peringatan bagi biota lain yang hendak memangsa dari bau dan rasa yang buruk.

Di perairan Indonesia, barongsai laut atau ikan mandarin dapat dijumpai di Ambon, Bali, Selat Lembeh, Banda Naira dan Raja Ampat.

Mandarin Fish

Picture 1 of 7

Mandarin Fish (Synchiropus splendidus)
Date Taken : 22 Feb 2007
Location : Kofiau

Biota Hari Ini lainnya :
Ikan Kepe-Kepe Moncong Panjang
The Fluorescence of Cuttlefish
Udang Bintik Merah
Ikan Matahari dari Nusa Penida
Colors of The Reef
Bulu Babi Selayang Pandang

Komentar Facebook :

Leave a Reply

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

  

  

  

*