‪405 views‬

Ikan Kepe-Kepe Moncong Panjang

Para pecinta ikan hias khususnya ikan kepe-kepe tentu tidak asing dengan jenis ikan kepe-kepe atau Butterflyfish satu ini. Warna tubuh mencolok kuning cerah, hitam dan putih dengan moncongnya yang panjang melebihi jenis ikan kepe-kepe yang lain. Benar, ikan kepe-kepe ini memang unik dan indah bagaikan kupu-kupu yang menghiasi kebun bunga.

Ikan kepe-kepe merupakan kelompok ikan karang keluarga atau Family Chaetodontidae dengan anggota 131 jenis ikan, dalam 10 genera atau genus. Ikan kepe-kepe moncong panjang merupakan ikan kepe-kepe dalam genera Forcipiger yang beranggotakan 3 jenis atau species, yaitu Forcipiger flavissimus, Forcipiger longirostris dan Forcipiger wanai. Jenis terakhir ini baru ditemukan pada tahun 2010 pada sebuah ekspedisi di teluk Cenderawasih dan dideskripsikan oleh ilmuwan pada tahun 2012.

Ikan kepe-kepe moncong panjang hidup di terumbu karang yang sehat dimana menyediakan cukup makanan bagi ikan kepe-kepe ini, antara lain hydroid, telur ikan, udang-udang kecil, kaki tabung bintang laut, bulu babi, juga tentakel cacing. Bagi penyelam yang gemar mengamati kehidupan terumbu karang, ikan kepe-kepe moncong panjang dapat dijumpai di perairan mana pun di Indonesia, kecuali ikan kepe-kepe moncong panjang teluk Cenderawasih (Forcipiger wanai) yang hanya hidup di perairan teluk Cenderawasih. Ikan ini merupakan salah satu fauna laut endemik yang hidup di perairan yang menjadi salah satu Taman Nasional Laut terluas di Indonesia. Ikan kepe-kepe moncong teluk Cenderawasih ini dapat dikenali dengan warna kecoklatan ditengah-tengah badannya yang berwarna kuning dan garis hitam dipangkal sirip pectoral nya

Tingkah laku ikan kepe-kepe moncong panjang yang menarik adalah sering dijumpai berpasangan atau sendiri. Bagi yang hobi memotret diperlukan pendekatan dengan perlahan karena ikan ini cukup pemalu dengan penyelam. Hindari mengeluarkan gelembung udara secara tiba-tiba. Menurut portal online Fishbase, ikan ini hidup di perairan yang menghadap ke luar dari terumbu karang, dari kedalaman 2 meter hingga 145 meter. Ikan kepe-kepe moncong panjang jenis Forcipiger flavissimus dapat dikenali dari moncongnya yang agak pendek. Jenis ini memiliki distribusi yang paling luas diantara genera  Forcipiger lainnya, yaitu dari laut Merah, Afrika Timur hingga Hawai dan kepulauan Easter terus ke timur hingga Mexico dan perairan Galapagos.

Berbeda dengan jenis F. flavissimus, ikan kepe-kepen moncong panjang F. longirostris memiliki moncong lebih panjang dan warna tubuh terdapat titik-titik hitam pada pipinya yang berwarna putih, serta kadangkala seluruh tubuhnya dapat berwarna gelap. Jenis ini juga lebih menyukai udang-udangan kecil sebagai makanannya. Hidup di kedalaman antara 3 meter hingga 200 meter serta dijumpai berpasangan saat musim kawin. Panjang tubuh ikan kepe-kepe moncong panjang yang pernah diukur untuk ikan jantannya yaitu 22 cm. Ikan kepe-kepe F. longirostris tersebar mulai dari perairan Afrika Timur hingga Hawai dan tidak dijumpai di Laut Merah atau Galapagos.

Biota Hari Ini lainnya :
The Fluorescence of Cuttlefish
Udang Bintik Merah
Ikan Matahari dari Nusa Penida
Barongsai Laut
Keanekaragaman Hayati
Bulu Babi Selayang Pandang

Komentar Facebook :

Leave a Reply

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

  

  

  

*